Kenapa Perlu Membuat Jaringan Komputer ????

Diposting oleh Unknown | 5/23/2016 03:40:00 PM | 0 komentar »



Kenapa Perlu Membuat Jaringan Komputer ????


            Hal ini tidak terlepas dari apa kegunaan jaringan itu sendiri. Jaringan komputer bisa digunakan untuk melakukan tugas sederhana, seperti membagi printer, internet, hingga tugas yang sulit seperti untuk aplikasi kasir point of sale dan video conference.

Berikut ini merupakan beberapa sebab mengapa diperlukan membuat jaringan komputer ;
1)      File Sharing
Jaringan komputer membuat user untuk saling berbagi file-file secara langsung. File yang terletak di file tertentu bisa di share di jaringan atau diletakkan di file server.
2)      Hardware Sharing
User bisa membagi piranti-piranti di komputernya dalam jaringan. Misalnya piranti –piranti seperti printer,CD ROOM, dan Hardisk (user bisa mengalokasikan space tertentu di hardisk)
3)      Program Sharing
Aplikasi-aplikasi tertentu bisa digunakan/dijalankan dari komputer lain di jaringan. Biasanya file-file untuk aplikasi pokok disimpan di server dari jaringan agar kemudian bisa diinstal melalui jaringan komputer.
4)      Komunikasi Jaringan Komputer
Memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan berbagai media seperti : email,newsgroup,dan konferens video.
5)      Game Jaringan
Walaupun hal ini sepertinya terlihat sepele namun game jaringan merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan dunia.
6)      Selain itu alas an penting kenapa sebuah jaringan dibuat adalah karena sebuah jaringan komputer akan mudah dihubungkan ke jaringan komputer lainnya (termasuk internet).

Tipe Jaringan Yang Diperlukan

Sebelum memutuskan untuk memilih tipe jaringan mana yang diperlukan perhatikanlah item-item berikut ini :
  • Berapa jumlah user dan komputer yang ingin dihubungkan ke jaringan. Untuk ukuran kecil, P2P adalah pilihan optimal. Sementara jika jumlahnya banyak atau sekiranya ke depan akan bertambah banyak maka yang paling baik adalah jaringan berbasis server.
  • Tipe resource apa yang diperlukan user. Jika hanya perlu untuk sharing printer dan sedikit file maka P2P yang optimal. Namun jika jumlahnya banyak dan diperlukan server untuk aplikasi tertentu seperti database atau aplikasi maka tentu diperlukan server side. 
  • Perhatikan uang yang anda miliki. Aturlah biaya sehingga mencukupi untuk menghubungkan semua komputer ke dalam jaringan. Walaupun sepertinya enak menggunakan teknologi-teknologi tebaru, namun untuk itu anda harus memperhatikan uang dikantong anda.
  • Lakukan kalkulasi , jangan sampai traffic di jaringan terlalu berat sehingga mengurangi optimalitas jaringan komputer namun jaringan pula traffic jaringan terlalu santai akibat jarang digunakan.
  • Tentukan apa layanan-layanan yang ingin dibagi, jika hanya file sharing, internet sharing, printer sharing maka anda tidak perlu repot-repot membuat jaringan server.
  • Beberapa jenis layanan server bisa sireplikasi dalam bentuk P2P, seperti web server, printer server,dan file server. Prinsipnya jaringan P2P merupakan server sekaligus client dilihat dari komputernya itu sendiri.

0 komentar

Posting Komentar