Keuntungan Penggunaan Jaringan WLAN Beserta Gambar

Diposting oleh Unknown | 5/23/2016 03:35:00 PM | 1 komentar »



Jaringan WLAN

Wireless Local Area Network (WLAN)
adalah jaringan kompter yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi data. Informasi (data) ditransfer dari satu komputer ke komputer yang lain tanpa menggunakan kabel sebagai media perantara. WLAN sering disebut sebagai jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel.


Keuntungan Jaringan WLAN
            Dengan menggunakan jaringan WLAN,jaringan yang dijangkau lebih luas dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan media kabel. Contoh penggunaan jaringan WLAN adalah untuk menghubungkan jaringan antar lokasi yang tidak memungkinkan pemasangan kabel.

Berikut beberapa keuntungan dalam menggunakan WLAN, adalah :
Þ    Mobilitas Yang Tinggi
Sistem WLAN dapat menyediakan pengaksesan informasi realtime dimana saja dan
bagi pengguna LAN selama berada di organisasi. Mobilitas ini mendukung layanan yang tidak dapat disediakan oleh jaringan kabel.
Þ    Fleksibilitas Dan Kemampuan Instalasi (Pemasangan).
Jaringan WLAN dapat dipasang dengan mudah serta dapat mengurangi penggunaan kabel yang melalui tembok dan atap. Dengan teknologi WLAN dapat digunakan pada jaringan dimana kabel tidak memungkinkan untuk dipasang.
Þ    Pengurangan Anggaran Biaya.
Memungkinkan meskipun investasi awal yang dibutuhkan untuk perangkat keras WLAN dapat lebih tinggi dari biaya perangkat LAN kabel. Tapi biaya instalasi keseluruhan serta biaya penggunaan dapat diperkecil. Keuntungan biaya jangka panjang akan sangat besar pada jaringan kabel apabila sering terjadi perpindahan dan perubahan.
Þ    Kemampuan Jangkauan.
Jaringan WLAN dapat dipasang pada topologi yang bermacam-macam untuk mendapatkan kebutuhan instalasi dan pemakaian yang sesuai. Konfigurasi jaringan secara mudah dapat diubah dari jaringan peer to peer untuk jumlah pengguna yang sedikit menuju jaringan infrastruktur yang dapat mencapai ribuan pengguna yang dapat menjelajah dengan jangkauan yang luas.


1 komentar

  1. Shikamaru Nara // 16 Desember 2019 pukul 13.26  

    thanks gan sudah share
    Lampu service hp

Posting Komentar